Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 18 Januari 2014

Social Networking Business



SNB (Social Networking Bussiness)



A.           PENDAHULUAN

Media sosial (Social Networking) adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Istilah media sisial termasuk baru. Intinya, itu adalah interaksi sosial yang berbasis web di jaringan internet. Media sosial sering pula disebut sebagai situs jejaring sosial. Pada awal perkembangannya, kemunculan situs Classmates.com (1995) bisa dikatakan sebagai situs pertama jejaring sosial. Kemudian, muncul situs Sixdegree yang lebih menarik untuk bersosialisasi di jagat maya.

B.            LANDASAN TEORI

Pengertian Social Networking menurut para ahli :

-   Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

-    Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas.

12 Manfaat Sosial media untuk bisnis
1. Meningkatkan brand awareness. Eksistensi di social media akan mbuat nama brand smakin terdengar.

2. Meningkatkan reputasi. Dgn adanya interaksi yg baik di social media akan membuat smakin dipercaya.

3. Meningkatkan traffic ke website. Social media dpt digunakan sbg sarana utk publikasi website kita.

4. Meningkatkan loyalitas konsumen. Interaksi scara tepat dg konsumen dpt membangun loyalitas.

5. Mengurangi biaya pemasaran. Social media pada umumnya gratis & jauh lebih murah drpd media tradisional.

6. Sarana customer service, social media bisa menjadi media melayani konsumen dgn customer care.

7. Bagi beberapa pelaku UKM, twitter juga bs dpakai sbg sales channel untuk menjual produknya.

8. Membangun interaksi dgn konsumen. Membangun brand relationship dg pembeli maupun calon pembeli

9. Social media berperan juga untuk membangun komunitas merek kita, community building.

10. Social media juga bisa berguna untuk membaca tren terupdate yang dilakukan konsumen saat ini.

11. Tdk sedikit pebisnis yg menggunakan social media sbg salah satu media survey utk pengembangan produk.

12 .Meningkatkan sales. Penggunaan social media secara tepat akan meningkatkan penjualan.

Kelebihan :

Keberadaan situs jejaring social ini memudahkan untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring social, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kekurangan:

Kemunculan situs jejaring social menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face to face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring social karena lebih praktis. Di lain puhak, kemunculan situs jejaring social ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring social ini secara tidak langsung membawa dampak negative, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan tergantungnya privasi seseorang.

C.            ANALISIS

Menurut saya Social networking sangat berguna untuk masyarakat saat ini. Jika dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa menyampaikan pendapat secara terbuka karena satu dan lain hal, maka tidak jika kita menggunakan media sosial. Kita bisa menulis apa saja yang kita mau atau kita bebas mengomentari apapun yang ditulis atau disajikan orang lain. Ini berarti komunikasi terjalin dua arah. Komunikasi ini kemudian menciptakan komunitas dengan cepat karena ada ketertarikan yang sama akan suatu hal. Karena semakin berkembangnya media elektronik di dunia ini maka cara untuk bersosialisasi juga harus berkembang khususnya dibidang jejaring sosial, apapun manfaatnya intinya social media sangatlah penting untuk kebutuhan sehari, dari sekadar browsing, chatting dengan teman-teman, membuat blog atau web sendiri dan juga bisa untuk bisnis online.

D.           REFERENSI



0 komentar:

Posting Komentar