SNB (Social Networking Bussiness)
A.
PENDAHULUAN
Media
sosial (Social Networking) adalah sebuah media online dimana para penggunanya
bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog,
jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Istilah media
sisial termasuk baru. Intinya, itu adalah interaksi sosial yang berbasis web di
jaringan internet. Media sosial sering pula disebut sebagai situs jejaring
sosial. Pada awal perkembangannya, kemunculan situs Classmates.com (1995) bisa
dikatakan sebagai situs pertama jejaring sosial. Kemudian, muncul situs
Sixdegree yang lebih menarik untuk bersosialisasi di jagat maya.
B.
LANDASAN TEORI
Pengertian Social Networking menurut
para ahli :
- Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis
internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
-
Antony Mayfield dari iCrossing, media
sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi
ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir,
berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan
membangun sebuah komunitas.
12 Manfaat Sosial media untuk bisnis
1. Meningkatkan brand awareness.
Eksistensi di social media akan mbuat nama brand smakin terdengar.
2. Meningkatkan reputasi. Dgn adanya
interaksi yg baik di social media akan membuat smakin dipercaya.
3. Meningkatkan traffic ke website.
Social media dpt digunakan sbg sarana utk publikasi website kita.
4. Meningkatkan loyalitas konsumen.
Interaksi scara tepat dg konsumen dpt membangun loyalitas.
5. Mengurangi biaya pemasaran. Social
media pada umumnya gratis & jauh lebih murah drpd media tradisional.
6. Sarana customer service, social media
bisa menjadi media melayani konsumen dgn customer care.
7. Bagi beberapa pelaku UKM, twitter juga
bs dpakai sbg sales channel untuk menjual produknya.
8. Membangun interaksi dgn konsumen.
Membangun brand relationship dg pembeli maupun calon pembeli
9. Social media berperan juga untuk
membangun komunitas merek kita, community building.
10. Social media juga bisa berguna untuk
membaca tren terupdate yang dilakukan konsumen saat ini.
11. Tdk sedikit pebisnis yg menggunakan
social media sbg salah satu media survey utk pengembangan produk.
12 .Meningkatkan sales. Penggunaan
social media secara tepat akan meningkatkan penjualan.
Kelebihan
:
Keberadaan
situs jejaring social ini memudahkan untuk berinteraksi dengan mudah dengan
orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah
dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring
social, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
Kekurangan:
Kemunculan
situs jejaring social menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka
(face to face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs
jejaring social karena lebih praktis. Di lain puhak, kemunculan situs jejaring
social ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar
yang berlebihan, situs jejaring social ini secara tidak langsung membawa dampak
negative, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan tergantungnya privasi
seseorang.
C.
ANALISIS
Menurut
saya Social networking sangat berguna untuk masyarakat saat ini. Jika dalam
kehidupan sehari-hari kita tidak bisa menyampaikan pendapat secara terbuka
karena satu dan lain hal, maka tidak jika kita menggunakan media sosial. Kita
bisa menulis apa saja yang kita mau atau kita bebas mengomentari apapun yang
ditulis atau disajikan orang lain. Ini berarti komunikasi terjalin dua arah.
Komunikasi ini kemudian menciptakan komunitas dengan cepat karena ada
ketertarikan yang sama akan suatu hal. Karena semakin berkembangnya media
elektronik di dunia ini maka cara untuk bersosialisasi juga harus berkembang
khususnya dibidang jejaring sosial, apapun manfaatnya intinya social media
sangatlah penting untuk kebutuhan sehari, dari sekadar browsing, chatting
dengan teman-teman, membuat blog atau web sendiri dan juga bisa untuk bisnis
online.
D.
REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar