Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 27 November 2010

CARA MEMELIHARA KELINCI

Jika anda ingin memelihara kelinci, namun anda masih pemula dalam memelihara kelinci, ini ada beberapa cara dalam memelihara kelinci bagi pemula :

1. pada saat membeli kelinci, jangan membeli kelinci yang masih dibwah umur 2 bulan. Karena akan mengakibatkan kelinci mudah mati. Karena dalam usia 2 bulan itu, kekebalan tubuh kelinci masih sangat rentan. Pada umur dibawah 2 bulan pula, anakan kelinci belum bisa di lepas dari induknya. Karena pada umur dibawah 2 bulan, anakan kelinci masih menyusu pada induknya.

2. jika anda ingin membeli kelinci yang berkualitas baik dan terjamin, sebaiknya anda membeli di peternak kelincinya langsung. Karena biasanya peternak kelinci memberikan kualitas kelinci yang memang benar-benar baik untuk kita pelihara.

3. siapkan kandang yang luas agar kelinci yang kita punya dapat bergerak bebas dan tidak stress. Karena tempat yang sempit akan membuat kelinci kita stress.

4. berilah pakan pellet yang berkualitas pada kelinci kita. Kalau bisa berikan vitamin untuk menambah nafsu makan dan menjaga kekebalan. Berilah makan pada kelinci secara teratur. Jangan sampai kita telat member makan pada kelinci yang kita pelihara.

5. jangan lupa beri air minum pada kelinci. Air putih sangat dibutuhkan oleh kelinci karena kadar air minum berguna untuk melancarkan pencernaan pada kelinci tersebut.

6. jangan member pakan berupa kangkung. Karena kangkung bukan pilihan pakan yang baik untuk dikonsumsi oleh kelinci. Karena kankung banyak menyimpan gas yang tinggi. Yang dapat mengakibatkan kelinci kembung dan mengakibatkan air kencing kelinci bau.

7. bersihkan kandang setiap hari. Dalam sehari kalau bisa kita bersihkan sebanyak 2 kali. Karena jika kandang kelinci kita kotor dan lembab akan menimbulkan penyakit kulit pada kelinci yang kita pelihara.

8. jangan lupa potong kuku kelinci jika sudah panjang. Karena jika dibiarkan saja maka akan menyebabkan luka pada kelinci tersebut.

9. jangan pernah menggendong kelinci dengan mengangkat telinganya. Karena telinga kelinci sangat sensitive. Jika kita menarik telinganya maka kelinci akan merasa sakit.

10. jika ingin memberi pakan berupa sayuran berilah wortel, jangan lupa wortel di cuci sampai bersih sebelum di berikan pada kelinci. Wortel (bersih) sangat baik bagi Kelinci Anakan maupun kelinci dewasa. Gizi wortel tinggi sehingga anakan kelinci pun sangat perlu memakan wortel. Hindari wortel busuk dan kotor dari kelinci.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan pada kalian semua. Semoga cara ini dapat membantu anda dalam memelihara kelinci kesayangan anda. Selamat memelihara kelinci. Sayangi dan rawatlah kelinci kesayangan anda dengan baik.
GOOD LUCK YA 

0 komentar:

Posting Komentar