Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 07 Oktober 2011

KELEBIHAN dan KEKURANGAN WIRELESS

Setelah kita mengetahui pengertian dari wireless, dan cara kerjanya, selanjutnya kita akan mempelajari apa kelebihan dan kekurangan dari wireless LAN itu sendri.

Kelebihan dari WLAN :
· Mobilitas dan Produktivitas Tinggi 
     WLAN memungkinkan client untuk mengakses informasi secara realtime sepanjang masih dalam jangkauan WLAN, sehingga meningkatkan kualitas layanan dan produktivitas. Pengguna bisa melakukan kerja dimanapun ia berada asal dilokasi tsb masuk dalam coverage area WLAN.
· Kemudahan dan kecepatan instalasi
     Instalasi sistem wireless LAN bisa cepat dan sangat mudah dan bisa mengeliminasi kebutuhan penarikan kabel yang melalui atap atau pun tembok.
· Fleksibel 
     dengan teknologi WLAN sangat memungkinkan untuk membangun jaringan pada area yang tidak mungkin atau sulit dijangkau oleh kabel, misalnya dikota-kota besar, ditempat yang tidak tersedia insfrastruktur kabel.
· biaya murah
      Meskipun investasi awal yang dibutuhkan oleh wireless LAN untuk membeli perangkat hardware bisa lebih tinggi daripada biaya yang dibutuhkan oleh perangkat wired LAN hardware, namun bila diperhitungkan secara keseluruhan, instalasi dan life-cycle costnya, maka secara signifikan lebih murah. Dan bila digunakan dalam lingkungan kerja yang dinamis yang sangat membutuhkan seringnya pergerakan dan perubahan yang sering maka keuntungan jangka panjangnya pada suatu wireess LAN akan jauh lebih besar bila dibandingkan dengan wired LAN.

  • Kelemahan dari WLAN
Kelemahan jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  •   kelemahan pada konfigurasi dan
  •  kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan.
· Biaya peralatan mahal 
     kelemahan ini dapat dihilangkan dengan mengembangkan dan memproduksi teknologi komponen elektronika sehingga dapat menekan biaya jaringan
· Delay
     adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul dan banyak sumber interferensi  kelemahan ini dapat diatasi dengan teknik modulasi, teknik antena diversity, teknik spread spectrum.
· Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum 
     pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien dengan bantuan bermacam-macam teknik .

referensi :
http://ilmuti.com/2011/01/20/keunggulan-dan-kelemahan-jaringan-wireless/ 

0 komentar:

Posting Komentar