Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 07 Oktober 2011

MENGAMANKAN KOMPUTER DARI VIRUS

Mengamankan komputer adalah salah satu cara / tindakan yang wajib harus kita lakukan. Coba bayangkan apabila keamanan komputer tidak kita perhatikan, mungkin saat kita terhubung ke dunia maya (internet) kemungkinan besar komputer kita akan terkena entah itu virus, malware, ataupun lebih parahnya komputer kita disusupi oleh orang yang mana bisa saja data-data penting anda bocor ataupun di delete.

Saat ini, pengguna komputer di Indonesia sebagian besar menggunakan Microsoft Windows sebagai sistem operasi, dan langkah ini memang ditujukan untuk sistem operasi tersebut.Berikut ini langkah awal dalam mengamankan komputer:

1. Upgrade Sistem Operasi
Meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih baru, setidaknya tetap mengikuti program terakhir yang disediakan.

2. Gunakan Firewall
Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware. Gunakan Windows Firewall (tersedia pada Windows XP SP2) atau produk-produk firewall lainnya baik yang harus beli maupun yang gratis. Untuk pengguna internet broadband, pastikan router sudah memiliki firewall.

3. Install Antivirus
Antivirus melindungi kita dari akses virus  pada komputer dan serangan-serangan jahat lain seperti trojan dan worm. Antivirus bisa mencari virus, trojan, dan worm yang berdiam di komputer dan melakukan pemindai terhadap email yang masuk maupun email yang keluar. Yang terpenting adalah:
  • Pastikan Antivirus anda selalu diset untuk meng-update pengetahuannya tentang virus-virus terbaru.
  • Pastikan juga program Antivirus anda adalah versi yang terakhir.
  • Jangan membuka attachment email dari orang yang tidak anda kenal.
  • Lakukan pemindai (scanning) terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan auto-run.
4. Selalu Update
Sama seperti sistem operasi, piranti lunak yang terus di-update akan terbebas dari masalah kelemahan keamanan. Selain itu, gunakan program-program terkini agar terus mengikuti perkembangan keamanan program.

5. Perhatikan Saat anda Browsing
Apabila anda suka browsing entah itu ke website syurrr atau situs-situs lainnya, lebih baik anda jangan asal klik suatu link. Karena beberapa website jahat akan menggoda anda untuk mengeklik link tertentu dan bisa saja itu merupakan virus / malware yang dapat langsung menginfeksi komputer anda.
 
6. Mencegah Spyware
Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirimkan semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang direkam, seperti aktivitas keyboard oleh keylogger.
Mencegah spyware dapat dilakukan dengan:
  • Waspada terhadap file yang anda buka atau download lewat internet atau email.
  • Jangan menginstall program yang tidak jelas pembuatnya.
  • Jangan sembarangan berselancar ke situs yang memiliki tingkat risiko tinggi. Sebagai contoh: Banyak situs porno yang mengandung spyware.
Menghilangkan spyware bisa menggunakan program AntiSpyware seperti windows defender, ad-aware. Setelah itu lakukan pemindai di seluruh komputer. Yakinkan program selalu melakukan update otomatis dan memindai komputer setiap hari sebelum anda memulai kerja.

7. Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless)
Apabila anda memiliki jaringan nirkabel, selalu ikuti dokumentasi instalasi dan Gunakan MAC filtering untuk membatasi penggunaan pada komputer yang dipercaya saja, Gunakan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyadapan.

8. Membatasi Resiko Email Spam
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terhadap spam misalnya, Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam, Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online, Gunakan email client yang sudah terintegrasi dengan spam filter atau pasang program spam filter.

9. Hati-hati dengan pesan email
Bila anda mendapatkan pesan email dari orang yang tidak jelas asal-usulnya (gak anda kenal) dan didalam pesan tersebut terdapat link, lebih baik langsung delete / hapus pesan email tersebut. Karena terkadang ada orang yang iseng mengirimkan virus ataupun malware lewat email.
 
10. Backup
Selalu backup file-file penting dan simpan di tempat lain yang aman, pastikan file-file terbackup dengan baik dan tidak mengandung malware.

langkah-langkah diatas mungkin bisa membantu anda dalam mengamankan komputer anda. mulai dari sekarang waspadalah terhadap viruus-virus yang disebarkan oleh orang jahat yang dapat merusak komputer kita. 

referensi:
http://www.binushacker.net/cara-meningkatkan-keamanan-komputer.html

0 komentar:

Posting Komentar